Rabu, 29 Februari 2012

Pengiriman Kawat Bronjong untuk Bencana Pasaman


Depo Logistik BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Provinsi Sumatera Barat hari ini tanggal 29 Februari 2012, bersiap-siap akan mengirimkan barang bantuan sementara 1 truk yang berisi ; 1. Dua unit Tower Light, dan 2. Satu ikat Kawat Bronjong; dan satu unit Tower Light telah dikirim pada awal kejadian Bencana Alam Banjir 22 Februari 2012 di Kabupaten Pasaman.

Kawat Bronjong diharapkan bisa digunakan untuk memampatkan struktur tanah dan bebatuan yang mengalami rekahan, agar dapat mengantisipasi daerah yang rawan terhadap longsoran. diharapkan bantuan sementara ini untuk segera didistribusikan dan segera dipergunakan oleh petugas PU setempat, karena diperkirakan curah hujan wilayah Sumatera Barat saat ini meningkat dan cukup lebat.









Selasa, 28 Februari 2012

Video Awal Kejadian Bencana Banjir Pasaman

Video amatir ini diambil oleh masyarakat Nagari Simpang Kecamatan Simpati saat awal kejadian Bencana Alam Banjir Bandang pada tanggal 22 Februari 2012 sekitar pukul 17.00 WIB.
Lokasi Banjir bisa dilihat melalui Google Earth, filenya bisa didapat disini KLIK DISINI

video

Senin, 27 Februari 2012

BPBD Provinsi Sumatera Barat kembali menyalurkan bantuan ke Pasaman

Badan Penanggulangan Bencana Provinsi Sumatera Barat pagi tadi tanggal 27 Februari 2012, kembali mengirimkan barang bantuan untuk korban bencana alam di Kabupaten Pasaman. Bantuan tersebut berupa alat pendidikan dan seragam sekolah bagi pelajar SD, SMP dan SMA, yang diterima langsung oleh Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pasaman Bpk. M. Nasir, SH.MM.

Beliau menerima bantuan tersebut oleh Petugas BPBD Provinsi Sumatera Barat di Posko Induk yang berlokasi di SMP Negeri 1 Simpang Kecamatan Simpati, bantuan tersebut akan dibagikan ke anak didik yang akan dikoordinasikan terlebih dahulu ke Dinas Pendidikan setempat. Barang yang akan didistribusikan ini berupa ; Seragam Sekolah + Topi terdiri dari ; -Seragam SD Perempuan 25 stel, -Seragam SMP Laki-laki 40 stel, -Seragam SMP Perempuan 25 stel, -Seragam SMA Laki-laki 10 stel, -Seragam SMA Perempuan 10 Stel, Peralatan Belajar sebanyak 120 paket, dan mengirim kembali Tikar sebanyak 250 lembar, serta Selimut sebanyak 155 buah. Untuk Seragam SD Laki-laki, digudang Depo Logistik BPBD Sumatera Barat telah kehabisan stok dan begitu juga Selimut, buffer stok telah tidak ada lagi saat ini setelah dididistribusikan ke Pasaman pada pagi tadi.

Terlihat saat ini anak-anak sekolah sebagian telah mulai belajar kembali, meski ada yang tidak memakai seragam sekolah. sebagian anak yang tidak mengikuti belajar dikarenakan mereka mengalami ketakutan / trauma akibat bencana banjir yang telah menimpa daerahnya. Untuk data perkembangan kebencanaan pada hari ini telah mengalami perubahan, berikut kami tampilkan :





  

Sabtu, 25 Februari 2012

Data Perkembangan Kerusakan dan Korban Banjir Kab. Pasaman 25 Februari 2012

Data Perkembangan tentang Korban dan Kerusakan baik sarana dan prasarana, fasilitas umum dan lainnya, kejadian bencana alam yang melanda pada dua kecamatan yang terparah ; Tigo Nagari dan Simpang Alahan Mati (Simpati) pada tanggal 25 Februari 2012, kami informasikan sebagai berikut :


Taksiran sementara tetang kerugian yang ditimbulkan akibat dari bencana banjir dan longsor ini untuk di dua kecamatan ditotal mencapai 5.722.100.000,- pada kanagarian Alahan Mati kecamatan Simpati total sebanyak 3.468.100.000 dan di kanagarian Malampah kecamatan Tigo Nagari yaitu daerah yang susah dijangkau oleh kendaraan mencapai 2.254.000.000,-. 

Berikut keadaan logistik yang berada di Posko Induk yang terletak di SMP Negeri 1 Simpang Kecamatan Simpati :

pada pukul 16.00 WIB Bapak Ir. Ade Edward (Kabid. Kedaruratan & Logistik) yang saat ini telah berada dilokasi untuk memantau perkembangan, melaporkan kondisi cuaca di wilayah Kecamatan Simpati sampai saat ini sedang turun hujan cukup lebat untuk jumlah pengungsi masih diperkirakan sekitar 200 jiwa. Petugas terlihat telah bekerja cukup keras untuk membersihkan material-material yang dibawa oleh banjir hingga telah nampak sarana dan prasarana dan fasilitas umum, baik jalan-jalan maupun aliran sungai telah telah mengalir.

Relawan yang masih berada di lokasi bencana :


   

Jumat, 24 Februari 2012

Data Perkembangan Bencana Alam Banjir Bandang Pasaman

Pada hari ini tanggal 24 Februari 2012, Bupati Pasaman telah mengeluarkan Surat Keputusan Nomor: 188.45/143/BUP-PAS/2012 tentang Penetapan Daerah Bencana Alam di Tiga Kecamatan; Kecamatan Tigo Nagari, Kecamatan Simpang Alahan Mati (Simpati), dan Kecamatan Bonjol yang disahkan pada tanggal 23 Februari 2012. Adapun data-data kerusakan baik dari sarana dan prasarana, fasilitas umum dan kerusakan rumah penduduk (data bisa diunduh disini ). Bapak Bupati Pasaman (Benny Utama) menetapkan Status Tanggap Darurat ditetapkan selama 2 minggu terhitung tanggal SK ditetapkan yaitu tanggal 23 Februari 2012.  

Informasi terakhir yang telah kami terima dari Koordinator Lapangan Tim TRC BPBD Provinsi Sumatera Barat  Suryadi, S.Kom, bahwa kondisi pengungsi saat ini semakin bertambah diperkirakan sekitar 1.000 jiwa. Ini disebabkan tadi malam kondisi cuaca di Pasaman terjadi hujan cukup lebat, jadi masyarakat khawatir akan terjadi banjir susulan.









Kamis, 23 Februari 2012

Barang Bantuan kembali diberikan oleh BPBD Sumatera Barat kpd Korban Bencana Banjir Pasaman

Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Provinsi Sumatera Barat kembali mengirimkan barang bantuan untuk didistribusikan kepada para korban bencana alam Banjir Bandang dan Longsor yang terjadi pada tanggal 22 Februari 2012 kemarin. Ini mengingat faktor keadaan cuaca dengan curah hujan yang cukup lebat di wilayah Kabupaten Pasaman, sehingga dikhawatirkan bertambahnya jumlah pengungsi.



Barang bantuan sebelumnya telah dikirimkan dan telah didistribusikan kepada masyarakat pada tanggal 22 Februari 2012 berupa Terpal sebanyak 40 buah, dan pada malam ini tanggal 23 Februari 2012 Kabid. Kedaruratan & Logistik BPBD Provinsi Sumatera Barat (Bpk. Ir. Ade Edward) atas izin Bapak Ir. Yazid Fadhli, MM selaku Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Sumatera Barat akan memberangkatkan Petugas guna mengirim kembali barang bantuan yang ada di Gudang Depo Logistik BPBD Provinsi Sumatera Barat yang berlokasi di Gedung Pusdalops PB BPBD Prov. Sumatera Barat Jl. Bypass Lama KM 7,5 Lubuk Begalung Padang berupa ;
  1. 60 Paket - Family Kit 
  2. 200 buah - Tikar
  3. 200 buah - Kain Selimut
  4. 36 Paket - Kids Ware
  5. 60 Paket - Peralatan Dapur Keluarga

Barang bantuan ini diharapkan sedikitnya akan membantu masyarakat yang tertimpa musibah di Kecamatan Simpati (Simpang Alahan Mati) dan Kecamatan Tigo Nagari Kabupaten Pasaman.

Meluapnya Air pada Batang Sungai Penyebab Bencana di Kabupaten Pasaman

Banjir Bandang dan Longsor yang melanda di 2 kecamatan di Kabupaten Pasaman terjadi kemaren pada hari Rabu 22 Februari 2012. Tim TRC BPBD Provinsi Sumatera Barat telah melakukan asessment dilokasi bencana dan telah melaporkan hasilnya kepada BPBD Provinsi Sumatera Barat. Gambaran umum bencana alam tersebut didasari oleh curah hujan/ debit air besar yang mengakibatkan sisa material penebangan kayu peladangan/ kebun di daerah perbukitan. Dampak tersebut mengakibatkan tidak lancarnya aliran sungai Batang Air Malampah dan Batang Buluh  yang ada diantara 2 (dua) kecamatan Simpang Alahan Mati dan kecamatan Tigo Nagari.

Bapak Ir. Ade Edward (Kepala Bidang Kedaruratan & Logistik BPBD Provinsi Sumatera Barat) menjelaskan ; Secara fisik aliran air sepanjang nagari Simpang, inti sungai Batang Buluh tidak terlalu lebar, namun karena di hulu Batang Mambang cukup besar yang membawa hanyut material sisa penebangan kayu aliran Batang Buluh yang mengakibatkan tersumbatnya aliran pada Nagai Simpang di Kecamatan Simpang Alahan Mati (daerah terparah korban bencana banjir bandang).

Akibat yang ditimbulkan di Kecamatan Simpang Alahan Mati :
  1. Rumah Rusak Berat 25 unit
  2. Rumah Rusak Ringan 35 unit
  3. Rumah Rusak Ringan 60 unit
  4. Rumah Ibadah Rusak Berat 1 unit
  5. Rumah Ibadah Rusak Sedang 3 unit
  6. Irigasi 2 unit
  7. Listrik, PDAM tidak berfungsi/ mati
Petugas melaporkan hari ini pada pukul 14.00 wib, didapat korban meninggal dan luka-luka :
  1. Meninggal Dunia 1 orang bernama Dedi (22 tahun)
  2. Luka-Luka 3 orang yang telah dirujuk ke Rumah Sakit
  3. 200 KK mengungsi
  4. 30 jiwa terisolir di Nagari Malampah Kecamatan Tigo Nagari
 Kebutuhan Dasar, yang dibutuhkan masyarakat saat ini, antara lain ;
  1. Supply Listrik/ Pengganti
  2. Air Bersih/ Minum, dan
  3. Peralatan Alat Berat, untuk pembersihan puing yang menghambat jalur transportasi dari arah Kumpulan -  Malampah Kecamatan Tigo Nagari(op.Pusdalops PB)
Peta Zona Bencana Alam Banjir Bandang dan Longsor Kabupaten Pasaman
yang terjadi pada hari Rabu sekitar pkl 18.00 WIB tanggal 22 Februari 2012


  

Banjir Bandang dan Longsor Kabupaten Pasaman

Rabu tanggal 22 Februari 2012 telah terjadi  bencana alam Banjir Bandang dan Longsor di Kabupaten Pasaman yang diperkirakan terjadi pada pukul 18.00 wib saat curah hujan cukup lebat. Berdasarkan Laporan sementara, terjadi banyak kerusakan fisik baik jalan, jembatan, tiang listrik dan rumah masyarakat serta evakuasi pengungsi ketempat aman.


A.    Dampak  yang ditimbulkan
       1.    Kecamatan Simpang Alahan Mati
              1.1.    4 (empat) unit Rumah Hanyut
              1.2.    1 (satu) unit Mushallah Rusak
              1.3.    4 (empat) unit kendaraan Roda Empat Rusak
              1.4.    8 (delapan) unit kendaraan roda dua Hanyut
                        -    Kurang lebih sebanyak 200 KK telah diungsikan ke SDN 03
                        -    Dari Nagari Simpang, Jalan tidak bisa diakses dari Maringging karena terhalang Longsor.
       2.    Kecamatan Tigo Nagari
              1.1.    Nagari Malampah
                        -    18 unit rmh rusak, 1 unit Masjid rusak, 39 KK mengungsi ketempat lebih aman
              1.2.    Nagari Ladang Panjang
              1.3.    Nagari Binjai
               - Akses jalan hanya bisa dilintasi dari Padang Simpang IV, Padang Sawah, Padang Ganting.

B.    Tindak Lanjut dan Situasi
  1. Setelah dilakukan koordinasi dengan BPBD Kabupaten Pasaman, diperkirakan secara kualitatif dampak bencana cukup besar sehingga perlu dukungan dari Provinsi Sumatera Barat dan Kabupaten Sekitarnya. 
  2. Malam ini telah diterjunkan dukungan Tim TRC ke lokasi bencana dari BPBD Kabupaten Pasaman Barat, BPBD Kabupaten Solok, BPBD Kabupaten Tanah Datar, dan BPBD Provinsi Sumatera Barat.
  3. Kerusakan ataupun Korban yang ditimbulkan dari Bencana Banjir Bandang dan Longsor tersebut, petugas masih melakukan asessment , evakuasi dan inventarisir oleh petugas yang berada dilapangan.
C.    T I M yang berada dilapangan :
  1. BPBD Kabupaten Pasaman, BPBD Kabupaten Pasaman Barat, BPBD Kabupaten Solok, BPBD Kabupaten Tanah Datar, dan BPBD Provinsi Sumatera Barat, Dinas PU Kabupaten Pasaman, Dinas Sosial Kabupaten Pasaman, Dinas Kesehatan, TNI dan POLRI
  2. PMI, BASARNAS
  3. Masyarakat setempat.

Senin, 06 Februari 2012

Prakiraan Musim Hujan Sumatera Barat di tahun 2012

Kondisi Iklim wilayah Indonesia dipengaruhi oleh fenomena El Nino/ La Nina yang bersumber dari wilayah timur Indonesia (Ekuator Pasifik Tengah/ Nino34) dan Pole Mode bersumber dari wilayah barat Indonesia (Samudra Hindia barat Sumatera hingga timur Afrika), disamping pengaruh fenomena regional seperti sirkulasi Monsun Asia-Australia, Daerah Pertemuan Angin Antar Tropis atau Inter Tropical Convergence Zone (ITCZ) yang merupakan daerah pertumbuhan awan, serta kondisi suhu permukaan laut sekitar wilayah Indonesia.


Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi Zona Musim Hujan diwilayah Sumatera Barat  pada tahun 2012 ini adalah 'Normal'. Wilayah-wilayah landaan hujan dapat dilihat sebagai  berikut beserta Peta Prakiraan Awal Musim Hujan (Gb. A.2.a), Perbandingan Awal Musim Hujan (Gb. A.2.b) dan Prakiraan Sifat Hujan Musim Hujan (Gb. A.2.c) :


No ZOM Daerah Awal Musim Hujan Antara
1 Kab. 50 Kota bagian Timur, Kota Payakumbuh Agt II - Sept I
2 Kab. Tanah Datar, sekitar Danau Singkarak, Solok, Sijunjung, Kampar bagian Barat Sept II - Okt I
3 Solok Selatan bagian Timur, Dharmasraya Sept II - Okt I
4 Kota Sawahlunto, Kota Solok, Solok Selatan bagian Barat Sept III - Okt II






Untuk Wilayah Sumatera Barat yang berpotensi Banjir oleh BMKG pada bulan Maret, April dan Mei tahun 2012 sementara dapat diperkirakan sebagai berikut :

1. Peta Prakiraan Daerah Potensi Banjir Bulan Maret 2012

2. Peta Prakiraan Daerah Potensi Banjir Bulan April 2012
3. Peta Prakiraan Daerah Potensi Banjir Bulan Mei 2012