Sabtu, 30 Januari 2016

FEBRUARI 2016: PRAKIRAAN CUACA DAN POTENSI BENCANA SUMATERA BARAT


Stasiun Klimatologi Sicincin - Badan Meterologi dan Geofisika (BMKG) sebagai instansi teknis yang salah satu tugasnya memantau dan menganalisa kondisi iklim dan cuaca mengeluarkan prakiraan Musim, Curah Hujan dan sifat hujan secara berkala. Berdasarkan Laporan Stasiun Klimatologi Sicincin, tidak jauh berbeda dengan Bulan Januari 2016, Curah Hujan Wilayah Sumatera Barat pada Bulan Februari 2016 umumnya berpeluang mendapat Curah Hujan menengah ( 101 - 300 mm). Sebagian besar wilayah Kab. Solok Selatan masih berpeluang mendapat Curah Hujan Tinggi (301 - 400) hingga Sangat Tinggi (401 - 500), sementara itu wilayah Pasaman Barat akan berpeluang   mendapat Curah Hujan Tinggi (3001 - 400). Daftar wilayah yang bepeluang mendapat Curah Hujan tinggi - sangat tinggi dapat dilihat pada tabel 1 dan 2.

Sifat hujan hujan untuk bulan Februari 2016 (tabel 3) umumnya Normal (45 - 115 %) dan Bawah Normal (<84%). Spot wilayah dengan Sifat Hujan Atas Normal (>115 %) akan meliputi sebagian besar wilayah Kabupaten Tanah Datar.

Kesiapsiagaan untuk darurat bencana yang berhubungan dengan kondisi Iklim dan cuaca perlu ditingkatkan pada wilayah-wilayah berpeluang Curah Hujan Tinggi hingga Sangat Tinggi. Kawasan dengan sifat hujan Atas Normal juga perlu diperhatikan mengingat potensi gerakan tanah akan meningkat ketika curah hujan meningkat signifikan di atas rata-rata.


Peta Prakiraan Curah Hujan Bulan yang dikeluarkan oleh Stasiun Klimatologi Sicincin dengan Peta Prakiraan Wilayah Potensi Terjadi Gerakan Tanah yang dikeluarkan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi juga perlu disandingkan untuk analisa detil daerah berpotensi longsor, banjir bandang. Peluang terjadinya bencana longsor akan meningkat jika daerah yang sudah dinyatakan berpotensi tinggi gerakatan tanah juga diperkirakan berpeluang mendapat curah hujan tinggi. Namun kemungkinan terjadinya longsor juga akan meningkat pada daerah yang berpotensi gerakan tanah Menengah jika kawasan tersebut juga berpeluang mendapat Sifat Hujan Atas Normal (>115 %)


Tabel 1. Kawasan Curah Hujan Tinggi (301 - 400), hasil overlay Peta Prakiraan Curah  Hujan Januari 2016 (Stasiun Klimatologi Sicincin) dengan peta kecamatan.

No
Kabupaten/Kota
Kecamatan
1
Kab. Pasaman Barat
Kec. Luhak Nan II
2
Kec. Ranah Pesisir
3
Kec. Pasaman
4
Kab. Solok Selatan

Pauh Duo
5
Balai Janggo
6
Sangir Batang Hari
7
Sungai Pagu

Tabel 2. Kawasan Curah Hujan Sangat Tinggi (401 - 500), hasil overlay Peta Prakiraan Curah  Hujan Januari 2016 (Stasiun Klimatologi Sicincin) dengan peta kecamatan.

No
Kabupaten/Kota
Kecamatan
1
Kab. Solok Selatan
Sangir
2
Sangir Jujuan
3
Pauh Duo Bagian Timur
4
Sungai Pagu Bagian Selatan
5
Sangir Balai janggo Bagian Barat
6
Kab. Dharmasraya
Sungai Rumbai Bagian Selatan

Tabel 3. Kawasan berpeluang dengan Sifat Hujan Atas Norma (>115%), hasil overlay Peta Prakiraan Curah  Hujan Januari 2016 (Stasiun Klimatologi Sicincin) dengan peta kecamatan.

No
Kabupaten/Kota
Kecamatan
1
Kabuaten Tanah Datar
Lintau Buo bagian Utara
2
Tanjung Emas
3
Salimpaung bagian Selatan
4
Sungai Tarab Timur
5
V Kaum
6
Rambatan
7
Pariangan bagia Timur
8
Sungayang






posted by YSR