Selasa, 30 Maret 2010

Longsor Padang Panjang

kejadian longsor yang terjadi pada tanggal 30 Maret 2010 pada pukul 16.00 wib di Daerah Kota Padang Panjang Provinsi Sumatera Barat .

Kejadian diperkirakan pukul 16.00 wib saat kondisi cuaca curah hujan cukup tinggi diwilayah Kota Padang Panjang yang mengakibatkan beberapa titik longsor perbukitan di wilayah seputaran Cubadak Bungkuk hingga Bukit Berbunga ada yang menutupi badan jalan, antara lain :

A. Daerah dan lokasi kejadian

1. Wilayah antara Cubadak Bungkuk – Bukit Berbunga Kota Padang Panjang.

B. Upaya Yang dilakukan

1. Peninjauan dan evakuasi langsung oleh SAR setempat, Tagana Kota Padang Panjang dan Provinsi, Polresta Padang Panjang, Satkorlak Provinsi dan Dinas PU.

2. Pada pukul 16.46 wib Tim Tagana dan Satkorlak Provinsi yang dipimpin langsung oleh Kepala Sekretariat Satkorlak PB Sumbar, Bapak Ir. Ade Edward, berhasil mengevakuasi sekitar 20 warga yang terdiri dari bayi, anak-anak dan para orang tua sebelum 4 menit terjadi longsoran di Cubadak Bungkuk.

C. Dampak yang ditimbulkan

1. Korban jiwa nihil.
2. 1 Jembatan putus lokasi 500 m sebelum Air Terjun Lembah Anai arah dari Padang

Jalan Padang - Bukittinggi via Lembah Anai saat ini telah bisa dilalui namun masih satu jalur dan diharapkan bagi pengendara untuk tetap waspada.

Wilayah ini memang menurut Bpk. Ir. Ade Edward (Ketua Sekretariat Satkorlak PB Sumbar dan Koordinator Pusdalops PB Sumbvar) memiliki potensi longsor dan banjir, karena banyak pemicu seperti; getaran gempa, getaran kereta api yg melintas dan terutama hujan lebat.

oleh karena itu Bapak Ir. Ade Edward menghimbau bagi Pengendara yang melintasi jalan tersebut, diharapkan memperhatikan cuaca, bila kondisi hujan lebat sebaiknya menunda perjalanan atau menunggu sampai hujan mereda dan mengamankan diri dititik aman yaitu ditempat yang agak lapang dan jauh dari perbukitan seperti di Pos Penjagaan Polisi setempat.

Videonya ingin download Klik Disini video

Tidak ada komentar: