Rabu, 12 September 2012

Hujan Lebat Kembali Mengancam Kota Padang

Padang (12/09), Hujan dengan curah cukup lebat terjadi sore hari dibeberapa wilayah Kota Padang menyebabkan sungai aliran Batang Kuranji dan Batang Arao meluap seperti pada kejadian 24 Juli 2012 bulan lalu. Luapan pada kedua Batang sungai ini tidak sampai membanjiri/ mengakibatkan abrasi sungai yang cukup mengkhawatirkan, namun demikian ada sebagian wilayah rawan banjir seperti Bandar Gadang Kec. Gunung Pangilun sempat tergenangi air hingga mencapai 2 meteran dan dilaporkan 1 rumah penduduk rusak sedang, hanya sebagian rumah bagian belakang yang roboh. Wilayah Batu Busuk Kel. Lambung Bukit Kecamatan Pauh aliran dari sungai sempat merambat kerumah-rumah penduduk. Untuk wilayah Padang Besi tepatnya diwilayah simpang Gadut sempat tergenangi air dengan ketinggi setinggi lutut orang dewasa, sumber air tersebut bukanlah dari aliran sungai namun berasal dari aliran gorong-gorong tepi jalan raya Padang-Indarung yang tidak dapat lagi menampung debit air yang berasal ketinggian pemukiman penduduk. Kejadian ini dilaporkan oleh Tim Reaksi Cepat BPBD Provinsi Sumatera Barat saat kejadian pada pukul 17.25 wib.
Luapan Batang Sungai Kuranji (lokasi : Tabiang Banda Gadang)

1 mobil terjebak luapan air (lokasi: Simpang Gadut)

Lokasi Longsor dan Pengungsian

Dilaporkan lagi oleh TRC BPBD Provinsi Sumatera Barat bahwa di lokasi Patamuan Lambung Bukit Kecamatan Pauh terjadi longsoran dari arah perbukitan dan dikabarkan oleh warga setempat bahwa telah kehilangan anggota keluarganya 4 jiwa dan diantaranya adalah 3 orang anak-anak. pada pukul 22.48 wib petugas TRC melporkan telah ditemukan korban jiwa dari longsoran tersebut bernama Safa 1-2 th dan Nazwa 5 Th dalam kondisi telah meninggal dunia, serta Rehan dalam keadaan selamat. Dari Berita tim diperkirakan masih ada warga yang terjebak longsoran tersebut. Petugas saat ini masih mengadakan pencarian dan mengevakuasi warga ketempat ketempat pegungsian. Telah dipersiapkan 3 unit ambulan dilokasi.

Daerah Longsoran (lokasi: Batu Busuk Kel. Lambung Bukit Kec. Pauh)

Kondisi wilayah daerah terkena longsoran untuk akses jalan tidak bisa dilalui oleh kendaraan baik kendaraan roda dua dan roda empat.

Petugas Tim Penanggulangan Bencana dan Relawan baik dari Kota Padang dan Provinsi hingga saat ini stanby dibeberapa titik lokasi rawan banjir dan longsor dengan perbekalan perlengkapan dan peralatan rescue.

Tidak ada komentar: