Rabu, 20 Mei 2015

1 KORBAN AKIBAT LONGSOR DAN BANJIR DI 3 KABUPATEN/KOTA SUMBAR

TRC BPBD Tanah Datar sedang
melakukan pembersihan (20/5/15)
Hujan lebat terjadi kemarin 19/5 membawa dampak di 3 Kabupaten/Kota Sumatera Barat. Dampat tersebut berupa tanah longsor dan banjir hingga menyebabkan pohon tumbang yang menimpa rumah dan longsor menutup akses jalan.

Seperti halnya di Kabupaten Tanah Datar, petugas Pusdalops BPBD Tanah Datar melaporkan akibat hujan semalam mengakibatkan longsor hingga menutup akses jalan antara Batu Sangkar - Payakumbuh di Jorong Bayua Nagari Tanjung Alam Kecamatan Tanjung Baru. Jalan tersebut telah dibersihkan pada pagi hari 20/5 dengan mempergunakan alat berat PU dan 1 unit mobil Damkar. Longsor juga mengakibatkan tumbangnya pohon durian dan menimpa  salah seorang warga Rajo Dani Nagari Rajo Dani Kecamatan Padang Ganting. 1 orang meninggal dunia dalam kejadian tersebut karena tepat di bagian kamar tidur pohon tersebut menimpa korban Nurbaiti 75 th yang sedang tertidur di malam hari sekitar pukul 05.30 wib.

kondisi rumah korban tertimpa pohon (Padang Ganting 20/5)
Di Sawahlunto juga terjadi 2 titik longsor akibat hujan lebat yang terjadi dari sore hingga malam hari 19/5. Longsor menutup akses jalan daerah, penghubung Solok dengan Sawahlunto di Kecamatan Barangin Kelurahan Lumindai dan telah diupayakan pembersihan hingga sore ini oleh petugas TRC BPBD Sawahlunto dibantu masyarakat sekitar, namun karena besarnya material longsoran petugas mengupayakan untuk mendatangkan alat berat. Longsor juga terjadi di Kelurahan Lunto Timur Kecamatan Barangin yang juga menutup akses jalan, dan hingga sore hari sudah bisa dilalui kembali setelah dilakukan pembersihan oleh Masyarakat setempat dan Petugas TRC BPBD Sawahlunto. Selain longsor banjir juga terjadi di wilayah Sawahlunto tepatnya di Kecamatan Lembah Segar yang sempat merendam area perumahan karyawan Ombilin sekitar pukul 19.00 wib dan 2 unit sarana peribadatan, pagi hari air sudah mulai surut dan telah dilakukan pembersihan dari material lumpur.

Kabupaten Limapuluh Kota juga diguyur hujan malam hari 19/5 hingga menyebabkan batang sungai aliran Gunung Sago meluap hingga menggenangi permukiman masyarakat setempat dan merendam lahan pertanian, kejadian tersebut pada malam hari sekitar pukul 21.00 wib. Petugas telah dikerahkan menuju lokasi guna melakukan penanganan, antisipasi dan inventarisir kerugian. (gst)

Tidak ada komentar: