Minggu, 15 November 2015

Marapi Keluarkan Abu Vulkanik, Masyarakat Jangan Panik

Padang Panjang 15/11, Gunungapi Marapi Sumatera Barat mengeluarkan abu vulkanik pada malam hari Sabtu sekitar pukul 22.33 wib. Lontaran abu vulkanik tersebut secara visual tidak terpantau.

Menurut Ketua Pos Gunung Api (PGA) Marapi - Bukittinggi, Warseno mengatakan saat terjadi erupsi arah angin menuju ke baratdaya dan daerah yang terimbas abu vulkanik di daerah Panyalaian - Kota Padang Panjang. "Erupsi yang terjadi pada malam hari tersebut tergolong cukup besar, semenjak Marapi ditetapkan dalam status "Waspada" empat tahun yang lalu (3 Agustus 2011), katanya.

Warseno kembali menghimbau kepada masyarakat dan juga bagi para pendaki agar tetap menjauh pada radius 3 km dari arah puncak Marapi. Untuk aktivitas vulkanik dari pagi hingga sore hari ini masih terlihat normal, tidak ada pergerakan.

Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops PB) BPBD Sumatera Barat juga menghimbau kepada masyarakat yang berada dalam zona gunungapi Marapi ini, agar tidak panik atau khawatir terhadap aktifitas gunungapi Marapi dan untuk tetap melakukan kegiatan seperti biasanya. Dan jika terjadi kenaikan status, baik satgas dari PVMBG dan BPBD setempat akan segera menginformasikannya. (Gst)

Tidak ada komentar: