Sabtu, 12 Desember 2015

Kota Solok; Banjir Menggenangi Rumah, Masyarakat Diungsikan

Solok 11/12, Curah hujan yang cukup lebat merata terjadi di wilayah Sumatera barat, termasuk di wilayah Solok. Pantauan Satgas Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Provinsi Sumatera Barat, hujan yang terjadi pada hari Jumat tanggal 11 Desember 2015, berdurasi sekitar 2 jam dan sebelumnya pada sore hari juga terjadi hujan lebat selama 1.5 jam. Dampak dari cuaca ekstrim beberapa daerah mengalami banjir berupa genangan atau luapan seperti halnya di wilayah Solok tersebut.

Pusdalops BPBD Sumbar kembali menjelaskan, laporan yang bersumber dari Hari Siswanto, Satgas TRC BPBD Kota Solok, bahwa sekitar pukul 20.00 wib terjadi banjir dibeberapa wilayah pada malam itu. Satgas gabungan bersama dengan Relawan telah mengungsikan masyarakat terdampak ke tempat lebih aman, daerah-daerah yang mengalami banjir diantaranya; di Kelurahan Nan Balimo Kecamatan Tanjung Harapan sebanyak 2 kk dengan 11 jiwa. Kecamatan Lubuk Sikarah Tanah Garam sekitar 43 kk dengan 159.



Longsor terjadi sekitar pukul 05.30 wib di daerah Payo Kelurahan Tanah Garam Kecamatan Lubuk Sikarah menimpa 1 rumah yang dihuni 1 kk dengan 4 jiwa. Selain itu juga terdapat pohon tumbang yang menimpa dinding pagar Madrasah Tsanawiyah di Kota Solok tersebut.

BPBD Kota Solok malam hari itu telah menurunkan personilnya yang di komandoi langsung oleh Kepala Pelaksana, Ori Offilo dan didampingi para Kasi, serta instansi lainnya seperti; PMI, Tagana, Polres serta relawan yang bersama-sama membantu mengevakuasi masyarakat terdampak. 

Hari Siswanto kembali menerangkan, pada pagi ini Sabtu 12/12 petugas telah memberikan bantuan kebutuhan dasar seperti; sarapan pagi, tikar, selimut terhadap masyarakat terdampak kejadian semalam. (Gst)
 

Tidak ada komentar: