Senin, 06 Februari 2012

Prakiraan Musim Hujan Sumatera Barat di tahun 2012

Kondisi Iklim wilayah Indonesia dipengaruhi oleh fenomena El Nino/ La Nina yang bersumber dari wilayah timur Indonesia (Ekuator Pasifik Tengah/ Nino34) dan Pole Mode bersumber dari wilayah barat Indonesia (Samudra Hindia barat Sumatera hingga timur Afrika), disamping pengaruh fenomena regional seperti sirkulasi Monsun Asia-Australia, Daerah Pertemuan Angin Antar Tropis atau Inter Tropical Convergence Zone (ITCZ) yang merupakan daerah pertumbuhan awan, serta kondisi suhu permukaan laut sekitar wilayah Indonesia.


Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi Zona Musim Hujan diwilayah Sumatera Barat  pada tahun 2012 ini adalah 'Normal'. Wilayah-wilayah landaan hujan dapat dilihat sebagai  berikut beserta Peta Prakiraan Awal Musim Hujan (Gb. A.2.a), Perbandingan Awal Musim Hujan (Gb. A.2.b) dan Prakiraan Sifat Hujan Musim Hujan (Gb. A.2.c) :


No ZOM Daerah Awal Musim Hujan Antara
1 Kab. 50 Kota bagian Timur, Kota Payakumbuh Agt II - Sept I
2 Kab. Tanah Datar, sekitar Danau Singkarak, Solok, Sijunjung, Kampar bagian Barat Sept II - Okt I
3 Solok Selatan bagian Timur, Dharmasraya Sept II - Okt I
4 Kota Sawahlunto, Kota Solok, Solok Selatan bagian Barat Sept III - Okt II






Untuk Wilayah Sumatera Barat yang berpotensi Banjir oleh BMKG pada bulan Maret, April dan Mei tahun 2012 sementara dapat diperkirakan sebagai berikut :

1. Peta Prakiraan Daerah Potensi Banjir Bulan Maret 2012

2. Peta Prakiraan Daerah Potensi Banjir Bulan April 2012
3. Peta Prakiraan Daerah Potensi Banjir Bulan Mei 2012





Tidak ada komentar: