Jumat, 31 Juli 2015

BPBD Sumatera Barat Menyerahkan Bantuan Peralatan Bencana ke 17 Kabupaten dan Kota

Padang 31/7, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Barat telah menyerahkan bantuan peralatan bencana ke masing-masing BPBD yang berada di 17 kabupaten/ kota wilayah Sumatera Barat hari Kamis kemarin 30 Juli 2015. Barang tersebut diperuntukkan sebagai peralatan penguatan bagi masing-masing daerah bila terjadi musibah bencana di wilayahnya. Bentuk bantuan yang telah dibagikan berupa beberapa set tenda Posko, tenda Pengungsi, tenda Keluarga, dan perahu karet. 

Peralatan ini merupakan barang bantuan berasal dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang telah dianggarkan di tahun 2014 bagi masing-masing daerah yang memiliki prioritas dan kriteria kebutuhan dari jenis peralatan tersebut. Menurut informasi Kabid. Kedaruratan dan Logistik BPBD Provinsi Sumatera Barat, R. Pagar Negara, SH.MM, ini merupakan sebagian dari bantuan yang diberikan, nanti dalam waktu yang tidak beberapa lama lagi akan didistribusikan kembali peralatan-peralatan kebencanaan lainnya dari BNPB untuk daerah kita sesuai kriteria yang telah ditentukan. Selain itu BPBD Provinsi Sumatera Barat juga akan memberikan bantuan logistik sebagai baffer stock di tiap gudang yang dimiliki BPBD kabupaten maupun kota, terangnya.

penyerahan bantuan peralatan bencana kpd 17 kab/kota
(gudang logistik BPBD Sumbar, 30/7/15)

Setiap tahunnya BNPB secara bertahap memberikan bantuan berupa peralatan dan logistik untuk Sumatera Barat, dan setiap tahunnya baik provinsi dan kabupaten maupun kota berangsur-angsur telah memiliki kelengkapan yang dibutuhkan.

Kebutuhan baik peralatan dan logistik sangat diperlukan di tiap daerah dalam upaya penguatan bantuan bencana dan bantuan kebutuhan dasar bagi korban bencana. Untuk itu baik provinsi, kabupaten maupun kota harus dapat juga menyiapkan anggaran dalam memenuhi kebutuhan tersebut dan tidak hanya menunggu pemberian bantuan dari pusat semata, sebab anggaran dari pusat juga terbatas peruntukkannya bagi tiap provinsi. Menurut BNPB, selain Sumatera Barat di Indonesia masih memiliki 33 provinsi lagi yang harus dipenuhi kebutuhannya. Semoga Sumatera Barat dapat mengatasi dan selalu siap dalam menghadapi segala bentuk ancaman jenis bencana bila terjadi di wilayahnya. (gst)

Tidak ada komentar: