Sabtu, 15 Desember 2012

Perkembangan Penanganan Banjir dan Longsor Solok Selatan

Rapat Evaluasi Rumah Bupati Solsel
Solok Selatan (15/12), Pada pukul 20.00 wib telah diadakan rapat evaluasi penanganan bencana alam banjir bandang dan longsor di rumah Bupati Solok Selatan yang membahas perkembangan data kerusakan yang dihimpun oleh wali jorong pada Nagari Pakan Rabaa dan Nagari Pakan Rabaa Timur Kecamatan KPGD (Koto Parik Gadang Diateh). Namun masih ada  kendala yaitu ketidak hadiran beberapa Wali Jorong, untuk itu selanjutnya Bapak Bupati memutuskan pertama ; meminta kepada SKPD terkait melakukan pembersihan dan perbaikan darurat fasilitas umum yang rusak maupun tertimbun material akibat luapan air dari tiga batang sungai; - sungai Pangkua, - Sungai Binuang dan - Sungai Pinti Kayu Gadang. Kedua; Menetapkan Posko Utama berlokasi di Koto Parik Gadang Diateh, Ketiga; Melanjutkan pencarian kembali korban 2 orang yang hanyut/ hilang; 1. Dasinan (P) 70 th dan 2. Simis (P) 35 th.

Untuk pembersihan jalan utama di Sei Pangkua telah dilaksanakan oleh Dinas PU dengan menggunakan alat berat (escavator) dari sore hingga selesai malam tadi dan jalan telah bisa dilalui kembali oleh kendaraan.

Persiapan pemberangkatan barang bantuan ke lokasi bencana Kab. Solok Selatan

BPBD Provinsi Sumatera Barat untuk pagi hari ini akan mengirim kembali bantuan kebutuhan dasar bagi korban berupa; family kit 75 paket, Tikar 160 lembar, School Kit 25 paket, penguatan peralatan; Genset, Cincau, Sekop  dan juga mengirimkan personil baik dari Pusdalops PB Sumbar 7 orang, Relawan 5 orang, dan rencana BPBD Kab. Agam juga menurunkan personilnya sebanyak 5 orang serta BPBD Kota Padang Panjang akan menurunkan personilnya sebanyak 7 orang.

Untuk perkembangan data kerusakan berupa Sarana Pendidikan yang tergenang lumpur dan material batu dan kayu ada 3 unit; 1 SMK, 1 Madrasah, dan 1 SD. Sarana Kantor Pemerintahan; 1 kantor KUA. Jembatan putus ada 2 ; 1 di Jorong Pinti Kayu Gadang Nagari Pakan Rabaa Timur, dan 1 di jorong Sei Binuang Nagari Pakan Rabaa.

untuk data perkembangan update tanggal 15 Desember 2012 dapat diunduh DISINI

Tidak ada komentar: