Jumat, 14 Desember 2012

Banjir Bandang di KPGD Kabupaten Solok Selatan

Solok Selatan (14/12), Kabupaten Solok Selatan pada dini hari dilanda banjir bandang yang melanda di 2 (dua) Kanagarian yaitu Pakan Rabaa (jorong sungai Pangku) dan Pakan Rabaa Timur (jorong Pinti Kayu dan jorong Sapan Salak) Kecamatan KPGD (Koto Parik Gadang Diateh). 

Awal mula kejadian bersumber dari akibat meluapnya sungai Pangkua Nagari Pakan Rabaa saat terjadi hujan dengan intensitas cukup lebat pada dini hari pukul 02.00 wib, yang mengakibatkan sekitar 175 rumah penduduk terendam dengan jumlah jiwa kurang lebih 600 jiwa serta menghanyutkan 2 buah rumah dan 10 rumah rusak berat, 1 buah jembatan rusak. Korban hanyut 2 (dua) orang berasal dari jorong Sapan Salak Nagari Pakan Rabaa Timur. 

Tim Rescue dan TRC berasal dari BPBD Kab. Solok Selatan, SAR, Dinas Sosial beserta masyarakat telah melakukan penanganan darurat dan evakuasi terhadap korban hingga saat ini. Pada pagi hari ini juga telah dilakukan pembersihan rumah-rumah warga dari tumpukan material sungai dengan menggunakan alat berat berasal dari PU. 

Bapak Bupati Solok Selatan beserta timnya telah meninjau lokasi serta melakukan tindakan upaya penanganan darurat dan mengeluarkan Surat Pernyataan Bencana Alam pada hari ini serta mengeluarkan Surat Keputusan Bupati tentang Tanggap Darurat Bencana Alam Banjir Bandang di KPGD tanggal 14 Desember 2012. 

Untuk saat ini telah didirikan posko-posko dari Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan dilokasi bencana serta pendirian tenda pengungsi dan penyaluran barang bantuan kebutuhan dasar. 

Bupati Kab. Solok Selatan dan BPBD Kabupaten Solok Selatan telah melayangkan surat pernyataan Bupati tersebut kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) serta BPBD Provinsi Sumatera Barat pada hari ini untuk diketahui dan menindak lanjuti atas kejadian bencana tersebut.

Tidak ada komentar: