Rabu, 06 Februari 2013

Persiapan TTX Mentawai Megathrust 2013 - 2014

Gladi ruang (table top exercise – TTX) merupakan salah satu metode latihan untuk peningkatan kapasitas penanggulangan bencana (PB). Dalam TTX dilakukan dengan skenario tertentu dan diarahkan dengan ketat oleh fasilitator dengan batasan waktu sesuai dengan skenario tersebut. Para peserta yang terlibat dalam TTX berperan sesuai dengan institusi/lembaga masing-masing atau peran tertentu yang disepakati bersama. Di dalam TTX ini terdapat pula fungsi narasumber yang memberikan penjelasan materi-materi terkait topik TTX serta pengamat yang mengevaluasi dan memberikan masukan-masukan terkait pelaksanaan TTX tersebut.

Pelatihan ini dilaksanakan oleh Pusat Diklat PB BNPB yang bekerjasama dengan BPBD Provinsi Sumatera Barat dengan mengambil konsep Ancaman Megathrust Mentawai 2013 - 2014. Tujuan pelaksanaan TTX ini adalah untuk menguji dan menyempurnakan Masterplan Pengurangan Risiko Bencana Tsunami, dan untuk meningkatkan koordinasi regional, local, dan koordinasi-kerjasama sipil-militer. Latihan tersebut juga dimaksudkan untuk menguji Prosedur-prosedur dalam penanggulangan bencana, seperti :
  1.  Sistem Peringatan Dini
  2. Sistem Komando Tanggap Darurat,
  3. Hubungan antar pemangku kepentingan yang terkait (masyarakat, pemerintah dan lembaga usaha) dalam penanggulangan kedaruratan bencana di semua tingkatan.
  4. Penerimaan bantuan asing baik sipil maupun militer asing pada saat tanggap darurat
  5. Penerimaan bantuan regional dan internasional
Untuk Peserta Gladi ini berasal dari seluruh BPBD Kabupaten/ Kota se Sumatera Barat , seluruh SKPD Provinsi Sumatera Barat dan juga ikut berperan serta dari lembaga-lembaga Internasional dan Asean serta rekan-rekan wartawan. Registrasi Peserta telah dibuka pagi tadi hingga hari ini yang berlokasi di Hotel Mercure Padang.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Bpk. Syamsul Ma'arif beserta rombongan pada pukul 15.00 wib sore tadi telah tiba di Padang dan ditemui oleh Bapak Gubernur Sumatera Barat. 

Adapun jadwal tentative Bapak Syamsul Ma'Arif untuk besok tanggal 07 Pebruari 2013 yang diiringi oleh Peserta TTX/TFX yaitu :
1. 09.00 - 10.30 wib Pembukaan CDC di Mercure Hotel
2. 10.30 - 11.00 wib Perjalanan menuju lokasi Pembangunan Gedung UPT BNPB di Bandar Buat
3. 11.00 - 12.30 wib Peletakan Batu Pertama Gedung UPT BNPB
4. 12.30 - 13.00 wib Perjalanan menuju Mako Lantamal 2
5. 13.00 - 15.00 wib Paparan Lantamal dan disertai makan siang
6. 15.30 - 19.00 wib Istirahat di Hotel Mercure Padang
7. 19.00 - 22.00 wib Acara di Pendopo Wali Kota Padang bersama para Peserta
8. 22.30 Istirahat.



Tidak ada komentar: